Kamis, 09 Mei 2013

Asiknya Wisata Bandung

Assalamualaikum Wr. Wb..
Salam Sejahtera bagi kita semua :) ..

Hai Sahabatku Semua :D ..
Liburan Sebentar lagi akan segera tiba,gimana? Sudah ada rencana mau liburan kemana nih?? mungkin bagi teman-teman lagi pada bingung yaa mau liburan kemana setelah melaksanakan Ujian Nasional dan ujian sekolah, sekalian buat refreasing setelah pusing dengan soal- soal ujian yang begitu sulit :D , banyak tujuan yang dapat kita pilih mulai dari wisata alam, wisata air, wisata budaya, maupun tempat - tempat wisata buatan seperti kebun binatang dan taman bermain.

Kali ini saya akan mereview salah satu kota tujuan wisata yang menarik dan tentunya menyenangkan untuk dikunjungi yaitu Kota WISATA BANDUNG. Bandung adalah salah satu kota terbesar di Indonesia yang terletak di provinsi jawa barat dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi jawa barat. Banyak sekali tempat – tempat wisata di bandung yang dapat kita pilih sebagai tempat tujuan liburan kita yang tentunya sangat mengasyikkan :D


Gedung Sate
Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat
Kota Bandung sering disebut juga kota kembang, mungkin karena dulu daerah ini sangat cantik dan indah, bahkan sampai sekarangpun menurut saya masih tetap bagus dan indah :). Ada juga yang menyebutnya sebagai PARIJS VAN JAVA atau Parisnya Pulau Jawa itu karena keindahan kota bandung memukau banyak wisatawan untuk datang ke kota tersebut. Selain itu bandung dikenal sebagai kotanya belanja karena banyak sekali mall dan tempat – tempat belanja seperti kios – kios dan outlet Factory :).

Kali ini saya akan meberikan  beberapa informasi tempat wisata di bandung yang tentunya wajib mampir jika kita berkunjung ke kota kembang tersebut. Mungkin bagi orang – orang bandung sudah mengetahuinya :D, Diantara tempat – tempat wisatanya adalah :


Wisata Alam

Wisata alam adalah kegiatan rekreasi yang berkunjung ke tempat – tempat pariwisata yang memanfaatkan potensi dari alam secara alami atau sudah ada usaha budidaya. Potensi wisata alam yang ada di bandung diantaranya adalah :

Wisata Air Panas Ciater

Ditempat ini kita dapat berendam air hangat kapanpun karena air disini bersumber dari kawah aktiv gunung tangkuban perahu, selain menjadi sarana rekreasi keluarga ditempat ini juga dapat dijadikan untuk sarana kesehatan karena air hangat yang ada mengandung Calsium, Magnesium , Mineral , serta Hypertherma yang berguna bagi kesehatan.



Wisata Alam Gunung Tangkuban Perahu

Tidak lengkap jika kita berkunjung ke bandung namun tidak mampir ke salah satu tempat wisata alam popular di bandung ini. Wisata gunung tangkuban perahu tepatnya berada di bandung utara. Selain keindahan pemandangan gunung serta kawahnya, wisata alam gunung tangkuban perahu ini juga terkenal dengan legenda sangkuriangnya :) dan asal usul nama tangkuban perahupun dari legenda tersebut.



Kawah Putih Gunung Patuha

Mungkin kita sudah pernah melihat tempat ini di televisi, maklum tempat ini sering diajadikan tempat fotografi maupun pembuatan video klip para artis. Ya Kawah Putih namanya, yang berasal dari Gunung Patuha terletak di daerah bandung Selatan tepatnya di Ciwidey. Pemandangan yang ada dikawah ini sangat berbeda dan unik karena lumpur yang dieluarkan dari kawah berwarna putih :D. Rugi rasanya kalau tidak berkunjung ketempat ini sekalipun hanya untuk berfoto – foto :D.

Dan masih banyak lagi wisata lama di bandung yang bisa kita kunjungi serperti : 

Pemandian Air Panas Walini (Ciwidey), Bumi Perkemahan Ranca Upas (Ciwidey), Kawah Kamojang (Paseh Jawa Barat), Curug Dago (Dago), Curug Omas (Taman Wisata Maribaya), Kawah Ratu (Gunung Tangkuban Parahu), Kawah Upas (Gunung Tangkuban Parahu), Kawah Domas (Gunung Tangkuban Parahu), Curug Cimahi (Cisarua), Curug Cinulang (Cicalengka), Arung Jeram (Citarum), Pemandian Air Cipanas (Jawa Barat), Leuwi Opat Curug Tilu (Desa Cihanjuang).


Wisata Belanja

Bandung memang terkenal sebagai kota belanja maka tak asing lagi jika banyak tempat wisata belanja dikota tersebut. Diantaranya adalah :

Cibaduyut

Tas, Sepatu dan dompet merupakan produk unggulan yang ada disini, buat anda pecinta sepatu kurang lengap jika tidak berkunjung ke tempat ini :) , Di Cibaduyut banyak sekali terjejer kios – kios penjualan dan pemesanan sepatu, tentunya dengan harga yang bervariasi dan terjangkau :) . Barangnya tidak kalah dengan barang dari luar negeri, buktinya touris asing pun banyak yang berbelanja di tempat ini.



Cihampelas

Jika di Cibaduyut yang terkenal dengan sentra produksi tas dan sepatunya di Cihampelas terkenal dangan produk – produk berbahan dasar dari Jeans. Silahkan anda berkunjung ke jalan Cihampelas dan anda bisa memilih banyak pilihan jeans di toko – toko yang berjejer , Siap borong dech :D.



Pasar Baru (Jl. Otto Iskandardinata)

Pasar Baru merupakan salah satu tempat belanja yang ramai dikunjungi wisatawan, disana mnjual berbagai keperluan sandang dengan harga yang relative lebih murah dan kualitas yang tidak murahan. Bagaimana? Berminat untuk belanja, Silahkan datang ke lokasi yaitu di jalan otto iskandar dinata. Tidak jauh dari jalan Asia-Afrika Bandung :).




Wisata Buatan

Wisata buatan adalah tempat wisata  yang sengaja di buat oleh masyarakat atau pihak tertentu sebagai sarana rekreasi, banyak sekali tempat wisata buatan dibandung diantaranya seperti Kebun binatan dan taman bermain.

Mungkin kita semua sudah tidak asing dengan tempat wisata taman bermain yang satu ini, Taman bermain yang mampunya ruang terbasar didunia, Trans Studio bandung merupakan taman bermain yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun asing di Bandung. Tempat ini dibangun menyusul kesuksesannya Trans Studio Makassar.  Banyak sekali wahana yang bisa kita coba disini, wahana yang memacu adrenalin kita :D . Trans studio bandung merupakan taman permainan dalam ruangan. Namun ada satu wahana yaitu Yamaha Racing Coaster. 
Trans Studio Bandung

Banyak sekali wahana menantang yang dapat kita jumpai di Trans Studio Bandung. diantaranya adalah :


Yamaha Racing Coaster

Wahana yang satu ini cukup memacu adrenalin kita, bagaimana tidak, kita akan diluncurkan dengan kecepatan hingga 120 / km perjam dan dengan ketinggian 50 meter. Wahana ini hanya terdapat tiga di seluruh dunia. Dua berada di amerika dan satu berada di Indonesia, Wah Indonesia patut bangga nih :) . disini selain mencoba wahana kita juga bisa melihat pernak – pernik Moto Gp mulai dari Replika Motor Jorge Lorenzo, Racing Suit  dan Helm serta pernak – pernik yang lainnya :D.




Vertigo

Jangan bilang anda perberani sebelum menaiki wahana yang satu ini, Vertigo adalah salah satu wahan yang ada di trans studio bandung. Wahana ini mirip dengan kincir angin. Vertigo merupakan salah satau wahana ekstrim maka perlu bagi kita persiapan tubuh yang fit agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan :) . Jika kondisi kurang fit jangan sekali – kali mencoba wahana ini kalau tetap memaksa maka bisa jadi  permainan ini akan membuat perut Anda mual, kepala menjadi pusing, dan akhirnya muntah-muntah :D.




Trans Car Racing

Trans Car Racing adalah salah satu wahana yang menarik bagi anak - anak maupun remaja karena kita dapat merasakan naik mobil balap. Meskipun tidak sama persis dengan aslinya :D.  Mobil ini hanya bisa dinaiki oleh dua orang saja.  pengemudinya harus mempunyai tinggi badan minimal 135 cm dan penumpangnya minimal 110 cm.

Giant Swing

Satu lagi wahana ekstrim yang ada di Trans Studio Bandung. Giant Swing merupakan wahana ayunan raksasa, tidak seperti ayunan yang biasa kita naiki ditaman namun Giant Swing mampu mengayunkan tubuh kurang lebih 13 meter tingginya. Waw kerenkan :D . Tidak hanya itu whana ini juga dapat berputar. Bagaimana ? berani mencobanya?? :D





Dunia Lain

Hiii Sereeeem, Dunia Lain merupakan Wahan Misteri yang ada di Trans Studio Bandung yang siap membuat bulu kuduk anda berdiri :D . Wahana ini dibuat berdasarkan legenda- legenda yang ada di bandung mulai Goa Belanda Dan Ambulans Jl. Bahureksa juga ada. Gelak tawa dan tangisan serta kursi yang bergerak sendiri, pintun membuka dan menutup, lampu yang mati dan menyala membuat pengunjung semakin katakutan :D. Wahana yang cocok sekali untuk tes uji nyali kita :).




Negeri Raksasa

Wahana yang satu ini siap membuat jantung anda serasa berhenti berdetak :D. Karena kita akan di jatungkan dari ketinggian. Wahana yang terletak di sudut magic corner ini wisata akan dibawa ke ketinggian 20 meter dan dalam waktu yang cepat kita akan hempaskan kebawah secara bertahap dan kembali naik. Bagi anda yang penakut, berpikirlah lagi bila akan menaiki wahana yang satu ini :).



Sky Pirates

Di wahana ini kita dapat merasakan sensasi bangaimana terbang menggunakan balon dan berpetualang bersama para bajak laut, wahana ini terletak di kawasan Lost Cyty. Dari atas Sky Pirates ini kita juga bisa melihat semua keramaian di Trans Studio Bandung  :) 



Dan masih banyak sekali wahana yang dapat kita jumpai di Trans Studi Bandung yang tentunya sangat menyenangkan untuk di coba, yukk mariii liburan ke Trans Studio Bandung :D.

Wahana Lainnya Di Trans Studio Bandung :
Trans Broadcast Museum










Trans City Theatre
Science Center



Sibolang The Rides




Dunia Anak
The Lost City








Kong Climb

Jelajah The Rides










Pulau Liliput

Dragon Riders






























































































Trans Studio bandung beralamat di : 


KAWASAN TERPADU TRANS STUDIO BANDUNG
Jalan  Gatot Subroto 289, Bandung 40273

Telephone +62 22 910 99999, Fax +62 22 910 99998

Berikut Peta Trans Studio bandung :
Anda Cukup mengetik kata kunci "Trans Studio Bandung" Pada smartphone anda dan akan kelihatan denah lokasi seperrti diatas. tempatnya juga strategis :)

Untuk tiketnya yaitu :

Rp.150.000 Untuk ahri biasa
Rp.250.000 Untuk Weekend (sabtu, minggu dan hari Libur)

Berikut ini daftar Tempat Wisata Bandung yang Dapat menjadi Referensi Tempat kunjungan Liburan anda :


Tempat Wisata Lainya di Bandung Kota:

Taman Makam Pahlawan (Cikutra), Museum Geologi (Jl. Diponegoro), Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Jl. Dipatiukur), Kebun Binatang Bandung (Jl. Tamansari), Taman Lansia (Jl. Cisangkuy), Bandung Tempo Doeloe (Jl. Braga), Gedung Sate Bandung (Kantor Gubernur Jawa Barat), Monumen Hussein Sastranegara (Jl. Pajajaran), Museum Pos Indonesia (Jl. Cisanggarung), Taman Kota Bandung (Jl. Merdeka), Museum Mandala Wangsit Siliwangi (Jl. Lembong), Museum Konferensi Asia Afrika (Jl. Asia Afrika), Alun-alun dan Masjid Agung (Jl. Asia Afrika), Museum Sri Baguda (Jl. Lingkar Selatan), Monumen Bandung Lautan Api (Jl. M. Toha), Taman Tegalega (Astana Anyar).

 Wisata Bandung Selatan :

Wisata Petik Strawbery (Ciwidey), Soreang Jalur Utama Bandung (Ciwidey), Penangkaran Rusa Ranca Upas (Ciwidey), Kolam Renang Air Panas (Cimanggu), Perkebunan Teh Rancabali (Ciwidey), Telaga/Situ Patengan (Ciwidey), Perkebunan Teh Gambung (Ciwidey), Perkebunan Sayur (Pangalengan), Situ Cipanunjang (Pangalengan), Situ Cileunca (Pangalengan).

Wisata Bandung Utara : 

Taman Budaya Dago (Dago), Taman Hutan Dago Pakar dan Gua Belanda/Jepang (Dago), Monumen Pasir Pahlawan Otto Iskandar Dinata (Lembang), Arena Pemancingan Bonita (Lembang), Teropong Bintang Bosscha (Lembang), Vila Istana Bunga (Cihideung), Taman Hutan Jaya Giri (Lembang), Situ Lembang (Lembang), Bumi Perkemahan (Cikole), Perkebunan Teh Subang (Jawa Barat), Taman Bunga Cihideung (Jl. Sersan Bajuri), Taman Bunga (Parongpong), Kebun Strawbery (Parongpong)


Wisata Bandung Timur :


Saung Angklung Mang Udjo (Padasuka), Padepokan Dayang Sumbi (Budidaya Ulat Sutera) (Arcamanik), Warung Bandrek “Warban” Sekejolang (Ciburial), Caringin Tilu (Pegunungan Manglayang),Oray Tapa (Pegunungan Manglayang), Situs Kerajaan Kendan (Nagrek), Situs Legenda Ciung Wanara (Karangkamulyan).


Wisata Bandung Barat :


Monumen Taman R.A. Kartini (Baros Cimahi), Puspa Iptek Kota Baru Parahyangan (Padalarang), Perbukitan Karst/Kapur Citatah (Padalarang), Lembah Cimeta Citarum Purba (Padalarang), Alam Persawahan Padalarang (Cianjur), Situs Megalit Gunung Padang (terbesar se-Asia Tenggara), Waduk Ciburuy (Padalarang), Bendungan Saguling (Jawa Barat), Gua Pawon (Jawa Barat), Gua Sang Hyang Tikoro (Jawa Barat).

Demikian daftar Tempat wisata di provinsi Bandung yang bisa saya Informasikan :D, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua amiiiin. Ingat Guuuys, Selalu berdo'a dan hati - hati diperjalanan, Salam Sukses dan Selamat Berwisata :D....

12 komentar:

  1. wah thx infonya,lumayan bisa dijadiin referensi untuk agenda liburan,bandung kelihatannya bisa dijadiin prioritas backpacker next time dengan beragam wisata alam yg masih asri :D

    BalasHapus
  2. @Putra : Ia Gan Sama - Sama :D, Wah kayaknya suka berpetualang nih yaa :D

    BalasHapus
  3. @Senyum : asyik gan, Apalagi ke Trans Studio Bandungnya :D Seru Abis Pastinya :D

    BalasHapus
  4. wah terimakasih infonya, Kapan - kapan bisa ke bandung nih bersama keluarga :)

    BalasHapus
  5. @Mosslem : Iya Sist Sama - sama, Semoga membantu dalam pemilihan tempat tujuan kunjungan wisata :)

    BalasHapus
  6. @agus Hery : Ramee banyak gambar yaa :D
    artikel kalau banyak ambar juga semkain menarik gan ..hehe

    BalasHapus
  7. waaaah kereeen aratikelnya supeeer lengkap dan jelas.
    kunjungan baliknya yaaaa

    BalasHapus
  8. @wisata bandung : hehe iya gan, biar jadi referensi buat orang yang lagi yari - nyari tempat wisata di bandung :)

    BalasHapus
  9. Paling kumplit dan paling rame gambarnya nich artikel tentang Wisata Bandung ....sukses selalu

    BalasHapus
  10. @wisata bandung : Terimakasih gan. Biar pembaca lebih tau aja gan, dan gambar fungsinya biar menarik minat baca :)

    Dan Semoga menang. Amiiiin :)

    Terimakasih atas kunjungannnya :)

    BalasHapus